Sabtu, 17 April 2010

aku, anaku, uasbn dan sepeda


aku, anaku, uasbn dan sepeda

Disuatu siang, istriku, menunggu anak kami yg paling besar pulang,
setelah mengikuti tryout uasbn di sekolahnya.

Anak kami yg laki-laki yg sebentar lagi selesai di sekolah sd-nya,
dan rencana masuk smp, ibunya berharap cemas dengan hasil tryoutuasbn,
tapi ketika dia datang, sebelum ibunya mengajukan pertanyaaan,
dia dengan cepat berkata ;

" bu aku tadi main bola, aku jadi kiper,
ngak ada bola yang bisa melewati aku .....
memang ilham luar biasa .....#$%@, ....."

Emosi ibunya tertahan di tenggorokan, gimana mungkin uasbn di pelupuk mata,
anaknya masih bicara ; bola, game OL, badmiton dan renang.

Malamnya istriku ngajak ngeteh sabil ngoblrol
( iki bukan iklan teh sariwangi, ... ini serius )

" aku dah beri wejangan tiap saat, harus belajar, ngak boleh main tapi hasilnya ?"
yang dia tanya, " bu aku boleh main game ?"
Aku pun menenangkan istriku, dan ku catut salah satu bait,
penyair Khairil Zibran ( bener ngak ?)

anak mu bukan anak mu
meski dia lahir dari mu
tapi dia bukan milik mu
orang tua hanya sebilah busur
anak adalah pemilik masa depan

Akhirnya kami bersepakat, mulai saat itu,
semua ekskul-nya dihentikan dg konsekwensi,
akupun menggantung sepeda di hari minggu,
baru kali itu terasa berat beban orang tua ....???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar